Kamis, 19 Mei 2011

Penemu Teropong Bintang


Isaac Newton, ilmuan paling besar dan paling berpengaruh yang pernah hidup di dunia lahir di Woolsthrope, inggris tahun 1642, bertepatan dengan wafatnya Galileo. Dia lahir sesudah ayahnya meninggal. Di masa bocah dia sudah menunjukan kecakapan yang nyata di bidang mekanika dan teramat cekatan menggunakan tangannya.meskipun anak dengan otak cemerlang, disekolah tampaknya ogah-ogahan dan tidak banyak menarik perhatian. Pada umurnya delapan belas dia masuk uiversitas Cambridge. Di sinilah newton secara kilat menyerap apa yang kemudian terkenal dengan ilmu pengetahuan dan matematika dan dengan cepat pula mulai melakukan penyelidikan sendiri.antara umur 21 dan 27 tahun dia sudah meletakan dasar-dasar teori ilmu pengetahuan yang pada gilirannya kemudian merubah dunia.
Penemuan teropong bintang, penemuan baru untuk penelitian astronomi oleh Newton telah merevolusionerkan bidang itu, dan yang dilakukannya di sektor mekanika telah menghasilkan apa yang kini terkenal dengan sebutan sebutan “Hukum Gerak Newton” yang pertama.
Ilmuan besar lain.
Newton sendiri agak ogah-ogahan menerbitkan dan mengumumkan penemuan –penemuannya. Gagasan dasar sudah disusunnya jauh sebelum tahun 1669 tapi banyak teori-teorinya baru diketahui publikbertahun-tahun sesudahnya. Penerbitan pertama penemuannya adalah menyangkut penjungkir-balikkan anggapan lama tentang hal-ihwal cahaya. Dalam serentetan percobaan yang seksama, Newton menemukan fakta bahwa apa yang lazim disebut orang “cahaya putih” sebenarnya tak lain dari campuran semua warna yang terkandung dalam pelang. Dan ia pun dengan sangat hati-hati melakukan analisa tentang akibat-akibat hokum pemantulan dan pembiasan cahaya. Pada tahun 1668 Newton merancang dan sekaligus membangun teropong refleksi pertama, model teropong yang dipergunakan oleh sebagian terbesar penyelidik bintang saat ini. Penemuan ini berbarengan dengan hasil-hasil yang diperolehnya Di bidang percobaan optik yang sudah diperagakannya, dipersembahkan olehnya kepada lembaga peneliti kerajaan inggris tatkala ia berumur 29 tahun.
Persembahan terbesarnya di bidang matematika adalah penemuannya tentang “Kalkulus Integral” yang memungkinkan tatkala dia berumur 23 atau 24 tahun. ini merupakan hasil karya terpenting dibidang matematika modern, tapi juga perabotan tak terelakan tanpa penemuannya itu kemajuan pengetahuan moderen yang datang menyusul merupakan hal yang mustahil.
Tapi penemuan-penemuan terpenting adalah dibidang mekanika, pengetahuan bergeraknya suatu benda. Masalah ini dipecahkan oleh newton dalam hukum geraknya yang kedua dan termasyhur dan dapat dianggap sebagai hokum fisika klasik yang paling utama. Hukum kedua ( F = m.a ) menetapkan bahwa akselerasi objek adalah sama sama dengan kekuatan netto dibagi kuantitas benda. Terhadap kedua hukum itu Newton menambah hukum ketiganya yang masyhur tentang gerak ( menegaskan bahwa pada tiap aksi, misalnya kekuatan fisik, terdapat reaksi reaksi yang sama dengan yang bertentangan ) serta yang paling termasyhur penemuannya tentang kaidah ilmiah hukum gaya berat universal. Keempat perangkat hukum ini, jika digabungkan, akan membentuk suatu kesatuan sistem yang berlaku buat seluruh makro sistem mekanika, mulai dari pergoyangan pendulum hingga gerak planet-planet dalam geraknya mengelilingi matahari yan dapat diawasi dan gerak-geriknya dapat diramalkan. Newton tiak Cuma menerapkan hukum-hukum mekanika, tapi dia sendiri juga menggunakan alat kalkulus matematika, dan menunjukan bahwa rumus-rumus fundamental ini dapat dipergunakan bagi pemecahan problem.
Apabila kita buka-buka indeks ensiklopedia ilmu pengetahuan, kita akan jumpai ihwal menyangkut Newton beserta hukum-hukum dan penemuan-penemuannya dua atau tiga kali lebih banyak jumlahnya disbanding ilmuan yang manapun juga. Kata cendikiawan besar Leibniz pernah terlibat dalam suatu pertengkaran sengit : “ dari semua yang menyangkut matematika dari mulai dunia berkembang hingga adanya Newton, orang itulah yang memberikan sumbangan terbaik “. Juga pujian diberikan oleh sarjana besar perancis, Laplace : “ Buku Principia Newton berada jauh diatas semua produk manusia jenius yang ada di dunia “. Dan Langrange sering menyatakan bahwa Newton adalah jenius terbesar yang pernah hidup. Sedangkan Ernst Mach dalam tulisannya di tahun 1901 brkata, “ Semua masalah matematika yang sudah terpecahkan sejak masa hidupnya merupakan dasar perkembangan mekanika berdasar atas hukum-hukum Newton “.
Newton juga member sumbangsih besar di bidang thermodinamika ( penyelidikan terhadap panas ) dan dibidang acoustic ( ilmu tentang suara ). Newton juga menemukan dalil binomial dalam matematika yang amat logis dan dapat dipertanggungjawabkan. Dia juga orang pertama yang mengutarakan secara meyakinkan ihwal asal mula bintang-bintang. Dan masih banyak lagi penemuan-penemuan yang mustahil di beberkan dalam uraian ini.
Newton menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 1727, dikebumikan di Westminster Abbey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar