Kamis, 19 Mei 2011

Penemu Bahan Kertas


Penemu bahan kertas Ts’ai Lun besar kemungkinan sebuah nama yang asing kebenarannya. Menimbangkan betapa pentingnya penemuannya, amatlah mengherankan orang-orang barat meremehkannya begitu saja. Tidak sedikit ensiklopedia besar tidak mencantumkan namanya barang sepatah kata pun. Ini sungguh keterlaluan.
Ts’ai Lun adalah seorang pegawai negeri pada pengadilan kerajaan yang di tahun 105 M mempersembahkan contoh kertas kepada Kaisar Ho Ti. Catatan Cina tentang penemuan Ts’ai Lun ini ( terdapat dalam penulisan sejarah resmi dinasti Han ) sepenuhnya adalah benar dan dapat dipercaya.
Tak banyak yang dapat diketahui perihal kehidupan Ts’ai Lun, kecuali ada yang menyebut dia itu orang kebirian. Tercatat pula kaisar teramat girang dengan penemuan Ts’ai Lun, dan ia membuatnya naik pangkat, dan dapat gelar kebangsawanan. Tapi, belakangan dia terlibat dalam komplotan anti istana yang menyeret ke kejatuhan. Sesudah dia di pecat, Ts’ai Lun bunuh diri dengan meneggak racun.
Penggunaan kertas meluas di seluruh cina pada abad ke-2, dan dalam beberapa abad saja Cina sudah sanggup mengekspor kertas ke Negara-negara asia. Lama sekali Cina merahasiakan cara pembikinan kertas ini. Namun pada tahun 750, beberapa tenaga ahli pembikin kertas tertawan oleh orang-orang Arab sehingga dalam tempo singkat kertas sudah di produksi di Bagdad dan Sarmarkand. Teknik pembikinan kertas menyebar keseluruh dunia Arab dan baru di abad ke-12 orang-orang eropa belajar teknik ini. Sesudah itulah pemakaian kertas mulai berkembang luas dan mengganti kedudukan kulit kambing sebagai sarana tulis menulis di barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar